translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
klik lalu pilih negara bahasa kamu

Wednesday, May 6, 2020

Eksternal dan Peripheral


Perangkat Eksternal dan Peripheral
Pengertian Eksternal
Eksternal adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
  • Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh peripheral utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
  • Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam, dan lain-lain.
Pengertian Peripheral
Perangkat Peripheral adalah sebuah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukan inputan memproses atau mengeluarkan output dari komputer. Perangkat ini biasanya terhubung ke komputer, akan tetapi bukan merupakan perangkat inti dari komputer. Jadi apabila perangkat Peripheral tidak dihubungkan dengan komputer, komputer masih bisa menjalankan fungsi – fungsinya.
Perangkat Peripheral tidak dapat menjalankan fungsinya. apabila komputer tersebut tidak dihubungkan ke komputer, dan biasanya perangkat ini berada di dalam dan di luar case komputer. Jadi apabila sobat komputer menemukan perangkat – perangkat seperti dijelaskan diatas, perangkat tersebut bisa disebut dengan perangkat Peripheral.
A. Peripheral Input

    Peripheral Input (Perangkat Input) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard,mouse, touchscreen, barcode reader, image scanner, webcam dan lain sebagainya.

1. Keyboard


    Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan dipatenkan oleh Cristopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
    Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang (punched card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype), Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
    Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dari simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dari karakter khusus seperti: `~@#$%^&*()_-+=<>/,.?:;"'\| serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya hanya 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

2. Mouse
 
    
Mouse merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umum terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata. Apabila mouse digerakkan ke sebuah kanan, secara otomatis pointer akan bergerak ke kanan.
Begitu juga sebaliknya.

3. Touchscreen


    Touch screen disebut juga layar sentuh adalah layar monitor yang dapat berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor pada touchscreen disebut juga touch sensor berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut.
    Handphone layar sentuh sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang pada masa sekarang, karena dapat mempermudah seseorang dalam melakukan pengoperasian handphone tersebut. Begitu pula dengan monitor touch screen akan mempermudah seseorang dalam menjalankan suatu program yang dapat berinteraksi langsung dengan kita.
    Keunggulan Produk Touch screen dapat digunakan sebagai alat informasi, promosi produk, atau buku tamu dengan program interaktif. Selain itu dengan bantuan flash player untuk menjalankan file swf, maka touchscreen juga dapat digunakan sebagai pemetaan, game interaktif, dll. Terlepas dari fungsi utamanya, dengan bantuan software Digital Guest Book touchscreen dapat pula dikembangkan menjadi suatu alternative pengganti guest book/buku tamu manual, yang disertai dengan database.

4. Barcode Reader


    Barcode reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Barcode reader dapat dengan mudah kita jumpai di supermarket atau toko-toko. Sedangkan barcode dapat kita temui pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Misalnya seperti pada pasta gigi, sabun, makanan ringan dan lain-lain.
    Barcode dibedakan menjadi 2 (dua) jenis barcode yaitu barcode 1 (satu) dimensi, dan barcode 2 (dua) dimensi.

  • Barcode 1 (satu) dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. Warna putih untuk nilai 0, dan warna hitam untuk nilai 1.
  • Barcode 2 (dua) dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi sudah seperti gambar. Jadi, informasi yang tersimpan di dalamnya akan lebih besar. Kode yang dibuat bisa bebas, asalkan hanya digunakan pada sistem di suatu tempat seperti perpustakaan. Namun untuk produk yang akan diedarkan dipasaran, maka harus terlebih dahulu ke GSI agar tidak sama dengan produk yang lain.
5. Image Scanner


     Image scanner atau biasa disebut scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Proses berikutnya adalah mengedit kemudian mencetak.
    Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran pos, bahkan yang terbaru, bentuknya menyerupai sebuah pena. Scanner berukuran pena tersebut bisa, menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons.

6. Webcam


    Webcam (Web Camera) merupakan perangkat sederhana berupa alat perekam atau kamera mini yang terhubung dengan internet. Webcam berfungsi untuk mendukung berbagai kegiatan internet menggunakan kamera. Webcam sebagai salah satu perangkat keras multimedia dapat digunakan dengan cara menyampaikan gambar menyampaikan gambar pada komputer yang dihubungkan dengan kabel USB atau secara otomatis tersambung pada bagian komputer.
    Webcam memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan komunikasi jarak jauh dimanapun seseorang berada. Dengan syarat kedua pengguna yang akan melakukan komunikasi jarak jauh tersebut sama-sama menggunakan webcam dan komputer yang digunakan telah memiliki fitur yang didukung dengan perangkat bawaan yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi jarak jauh ini. Sebagai contoh para pengguna chatting yang akan melakukan video call, atau pengguna internet yang gemar mengupload foto ke dalam social media.
    Software-software yang paling banyak digunakan adalah Yahoo Messanger, Windows Live Messanger, dan AOL Instant Messanger. Selain itu juga terdapat software bawaan yang diaplikasikan secara langsung pada netbook dan laptop antara lain Cyberlink YouCam.

B. Peripheral Output

    Periperal Output (perangkat keluaran), adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, LCD, printer, plotter, dan lain sebagainya.

1. Monitor

    Monitor komputer disebut juga VDU (Visual Display Unit). Monitor komputer merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Bentuk monitor komputer hampir menyerupai televisi.
    Untuk saat ini monitor komputer terdiri atas beberapa jenis, di antaranya:

a. Monitor Tabung Layar Cembung

    Di dalam monitor layar cembung biasanya menggunakan tabung sinar katoda. Tabung sinar katoda (bahasa Inggris: Cathode Ray Tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20. Tampilan tabung merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD, dan bentuk teknologi TV ianinya.

b. Monitor LCD

    LCD (Liquid Crystal Display) atau tampilan kristal cair mulai banyak digunakan oleh pengguna komputer. LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Tampilan kristal cair sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.
    Pada tampilan kristal cair berwarna terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri atas satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, tetapi kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya dalam sebuah perangkat CD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
    Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul. Oleh karenanya, hanya akan ada beberapa warna yang diteruskan, sedangkan warna lainnya tersaring.

2. Printer

    Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik pada kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem. Toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tidak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya. Sebelum dapat digunakan, perangkat lunak pencetak harus terlebih dahulu diinstal ke dalam sistem komputer.

3. Plotter

    Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan dengan baik. Plotter berguna untuk menghasilkan gambar landscape, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

C. Peripheral Storage

  • External Harddisk, adalah tempat media penyimpanan data berupa tulisan, gambar, software, dll.Hard disk eksternal media penyimpanan yang di hubungan ke PC
dekstop atau laptop dengan kabel USB.
  • Flash Disk, adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan
    hilang meskipun tidak terdapat daya listrik.
  • Disk Drive, adalah bentuk penyimpanan permanen, bertentangan dengan memori sementara
    seperti memori random-akses (RAM).
d. Peripheral Input Output
  • Modem, mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan mengubah sinyal digital menjadi analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan  ternet.
  • NIC (Network interface controller), adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai
jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

No comments:

Post a Comment